NasDem-PKB Ajukan JK Dampingi Jokowi

Jumat, 16 Mei 2014

DEKANDIDAT.COM – Ternyata nama mantan Wapres Jusuf Kalla selalu masuk dalam daftar kandidat bakal cawapres yang direkomendasikan partai yang bergabung dalam poros koalisi PDI Perjuangan, yakni Partai NasDem dan PKB.

Hal demikian dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

“Sebagai mitra koalisi, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhak merekomendasikan nama bakal cawapres Jokowi. Akan tetapi, keputusan akhir berada di tangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Megawati dan Jokowi,” kata Hasto.

“Tapi, pada prinsipnya, meski kami diberi masukan, kami serahkan kepada Bu Mega dan Pak Jokowi,” tambahnya, Jumat, di Jakarta.

Sebelumnya, Partai Nasdem mengaku merekomendasikan Kalla sebagai calon pendamping Jokowi. Nama lain yang diusulkan Nasdem adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Sementara itu, PKB memiliki tiga bakal capres, di antaranya adalah Kalla dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Di luar dua partai yang telah resmi merapat ke PDI-P, ada pula Partai Golkar yang telah memberi sinyal kuat akan bergabung.

Seperti diketahui, Kalla merupakan tokoh senior Golkar dan sempat menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono, beberapa hari lalu, mengatakan, Golkar akan mendukung capres yang memilih Kalla sebagai cawapresnya.

kinoy jackson