Jokowi Menang, Khofifah Jadi Menteri Lagi

Minggu, 4 Mei 2014

DEKANDIDAT.COM – Pengamat LIPI, Siti Zuhro memprediksikan, jika Jokowi terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2014, Khofifah Indar Parawansa yang kini ditunjuk sebagai juru bicaranya, besar kemungkinan akan duduk di kabinet.

“Bisa jadi salah satu menteri, bisa di kementerian apa nanti. Ya meski dikatakan sekarang yang dilakukan PDIP dengan koalisinya ini kan tidak ada transaksional. Tapi, itu bukan berarti kita tidak menutup mata peluang yang lain,” kata Siti Zuhro, Minggu, di Jakarta.

Dia melihat dengan pengalaman politik Khofifah sebagai nilai plus langkah Jokowi. Belum lagi dukungan sebagian suara warga Nahdliyin yang ada di Khofifah.

“Khofifah ini pernah dua kali jadi cagub Jatim. Dia juga sempat jadi menteri pemberdayaan perempuan. Dia (Khofifah) sudah malang melintang di politik. Sudah tepat ini menurut saya,” tambah Siti Zuhro.

Menurutnya, penunjukan Khofifah merupakan terobosan baru di kalangan NU yang selalu mengedepankan seorang laki-laki untuk jabatan tertentu. Kepercayaan NU memberikan kesempatan terhadap Khofifah menjadi juru bicara Joko Widodo memberikan kesan kalau PKB sudah pasti berkoalisi dengan PDIP.

“Makanya tadi, saya bilang ini jadi koalisi semangka yang cantik. Ada merah-hijau warnanya,” imbuhnya.