3 Hari Setelah Perhitungan Suara

MK Siap Terima Gugatan Pemilu

Rabu, 30 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) hanya memberikan waktu selama 14 hari untuk untuk menyelesaikan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Gugatan sudah bisa dilakukan tiga hari pasca keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Setelah KPU menetapkan, maka para partai politik, dan calon DPD yang tidak puas dalam waktu 3 X 24 jam harus menyampaikan permohonan itu,” kata Wakil Ketua MK, Arief Hidayat, dalam Rapat Koordinasi Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu Legislatif 2014 di gedung MK, Jakarta, Rabu (30/4).

“Kami sudah menyiapkan semua, untuk mensosialiasikan bagaimana tata cara prosedur yang di penuhi, melaui peraturan MK Nomor 1 Tahun 2014, yang sudah kami sosialisasikan, dan telah diubah pada Peraturan MK Nomor 3 Tahun 2014,” ungkapnya.

“Di luar DPD, permohonan tidak disampaikan per orangan, yang menyangkut partai politik, harus ditanda tangani oleh ketua umum atau yang disebut lain, dan sekretaris jenderal atau yang disebut lain, harus diketahui itu baru secara sah ajukan ke MK,” tambahnya.

KPU akan menetapkan hasil perolehan pemilu pada 9 Mei.

kinoy jackson