9th Japfa Chess Festival 2014

Tiviakov – Medina Wajib Menang

Jumat, 25 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Pecatur unggulan utama asal Belanda, GM Sergey Tiviakov yang memiliki elo rating 2651, hingga babak kedelapan 9th Japfa Chess Festival 2014 untuk kategori Grand Master, masih memimpin dengan raihan 6,5 VP menyusul kemenangannya atas pecatur harapan Indonesia, IM    Farid Firmansyah (2392), Kamis (24/4) malam, di Gedung Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta.

Posisi kedua bercokol pecatur muda Vietnam IM Huyn Minh Huy Nguyen (2474) dengan 6 VP setelah di babak kedelapan mengalahkan pecatur Indonesia lainnya, IM Danny Juswanto (2402).

Berikutnya di posisi ketiga dan keempat ada GM Suat Atalik (2562) dari Turki dengan raihan 5 VP dan IM Farid Firmansyah yang harus puas mengemas 4,5 VP.

Di babak terakhir yang dimainkan mulai pagi ini, GM Sergey Tiviakov dintantang pecatur Indonesia lainnya, IM Tirta Chandra Purnama (2380), sedangkan IM Huyn Minh Huy Nguyen akan menghadapi salah satu pecatur terbaik Indonesia, GM Cerdas Barus.

Untuk memastikan sebagai juara, Tiviakov wajib menang pada pertandingan tersebut. Hasil seri atau kalah, akan membuat gelar juara yang sudah di depan mata, beralih ke tangan Huyn Minh Huy Nguyen.

Di partai lainnya, IM    Farid Firmansyah yang dinilai sebagai pecatur terbaik prestasinya setelah GM Susanto Megaranto, akan menghadapi lawan berat, GM Suat Atalik 2562.

Di kategori dwi tarung, WGM Medina Warda Aulia (2332) akan memainkan pertandingan terakhirnya melawan WGM Ticia Gara. Dari lima babak yang sudah dimainkan, untuk sementara pecatur asal Turki tersebut unggul 3-2.

Kalau tak ingin malu di depan pendukungnya, Median wajib memenangkan partai terakhirnya.

kinoy jackson