9th Japfa Chess Festival 2014

WGM Ticia Gara Taklukkan Medina di Babak ke-4

Kamis, 24 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Pecatur putri terbaik Indonesia, WGM Medina Warda Aulia (2332), gagal menjauhi lawannya, setetah dibabak keempat Dwi Tarung 9th Turnamen Japfa Chess Festival 2014, dikalahkan GM Ticia Gara dari Hungaria (2340), Rabu (23/4) malam, di Gedung Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta. Dengan kekalahan ini, kedua pecatur masing-masing mengemas 2 VP.

Kategori Dwi Tarung ini, pertandingan masih akan memainkan dua babak lagi untuk menentukan juaranya. Di babak pertama dan ketiga, Medina sukses mengalahkan Ticia Gara. Namun di babak kedua dan keempat, pecatur asal Hungaria ini mampu mengalahkan Medina yang per 1 April 2014, ‘dinobatkan’ menjadi pecatur terbaik Indonesia.

Petang ini, kedua pecatur akan memainkan babak kelima, di tempat yang sama.

Sementara itu di Turnamen Grand Master yang diikuti sepuluh pecatur, unggulan pertama asal Belanda, GM Sergey Tiviakov yang memiliki elo rating 2651 memuncaki klasemen sementara dengan raihan 4,5 VP menyusul kemenangan yang diraihnya atas pecatur Indonesia IM Juswanto Danny (2402).

Posisi kedua diduduki oleh IM Huyn Minh Huy Nguyen dari Vietnam (2474), IM Farid Firmansyah (2392), dan GM Suat Atalik dari Turki, masing-masing mengemas mengemas 4 VP.

Di babak keenam, IM Huyn Minh Huy Nguyen mengalahkan IM Kuderinov Kirill (2448), GM    Atalik Suat bermain remis saat menghadapi IM Nolte Rolando dari Filipina (24170, dan Farid Firmandsyah yang juga dipaksa bermain imbang oleh rekan senegaranya, FM Lutfi Ali Muhammad (2336).

Hasil imbang yang diraih Farid, sudah diprediksi oleh pengamat catur Indonesia yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi (Kabidbinpres PB Percasi), Kristianus Liem.

“Farid dan Lutfi teman sekamar selama turnamen berlangsung. Keduanya memiliki kemampuan yang seimbang. Untuk meraih hasil yang terbaik, mereka harus saling mengalahkan,” tandas Kristianus Liem, saat menyaksikan pertarungan Farid vs Lutfi Ali, di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

Untuk kategori Turnamen Grand Master, Kamis (24/4) ini, para pecatur akan memainkan dua babak, babak ketujuh dan kedelapan.

kinoy jackson