9th Japfa Chess Festival 2014

Medina Kalah Lagi

Kamis, 24 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Pecatur putri terbaik Indonesia, WGM Medina Warda Aulia (2332) terancam kehilangan elo rating, jika pada dwi tarung 9th Japfa Chess Festival 2014 kalah dari lawannya asal Hungaria, WGM Ticia Gara (2336).

Pada pertandingan babak kelima yang berlangsung Kamis (24/4), Medina kembali dikalahkan Ticia Gara. Dengan demikian, dari lima babak yang telah dimainkan, Medina tertinggal 2-3.

“Tiap kekalahan per babak pada dwi tarung kali ini, baik Medina atau Ticia Gara akan kehilangan 5 poin elo ratingnya,” ujar pengamat catur Kristianus Liem, di Jakarta.

Menurut Kris, sebenarnya peta kekuatan antara Medina dengan Ticia Gara berimbang. Siapa yang nantinya bakal memenangkan dwi tarung kali ini, sangat bergantung pada kesiapan fisik dan mental.

“Namun, Ticia Gara kali ini sangat diuntungkan, karena harus bertanding di kandang lawan. Catur berbeda dengan sepakbola. Kalau sepakbola, tuan rumah yang punya peluang besar menang. Tapi di catur, tuan rumah justru berada dalam tekanan besar,” tambahnya.

Karenanya, kalau Medina tak mau kehilangan elo ratingnya, dia harus menang pada babak keenam atau babak terakhir yang akan berlangsung Jumat (25/4) pagi di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

kinoy jackson