GM Tiviakov Ambil Alih Pimpinan Turnamen Japfa Chess Festival 2014

Selasa, 22 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Pertarungan kategori Grand Master di 9th Turnamen Japfa Chess Festival 2014 makin sengit setelah pecatur unggulan pertama asal Belanda, GM Sergey Tiviakov (2651) mengambil alih puncak klasemen dari tangan pecatur muda Indonesia, MI Farid Firmansyah, Selasa, di Gedung Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Meraih 2,5 VP pada babak 4, Tiviakov yang difavoritkan sebagai juara kembali gagal meraih full point menyusul hasil remis melawan MI Kiril Kuderinov (2448) dari Kazakhstan.

Di partai lainnya, pecatur unggulan kedua asal Turki, GM Atalik Suat (2562), juga berada di posisi kedua  dengan 2,5 VP, setelah dibabak 4 dipaksa bermain imbang oleh  MI Nguyen Huyn Minh Huy (2474) dari Vietnam.

Dua pecatur tuan rumah Indonesia MI Danny Juswanto dan MI Farid Firmansyah juga ikut membayangi Tiviakov.

Menurut pengamat catur yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, ada tiga pecatur yang berpeluang menjuarai kategori Grand Master.

“Mereka adalah GM Sergey Tiviakov, GM Atalik Suat, dan MI Fard Firmansyah. Ketiganya masih berpeluang menjuarai turnamen ini,” kata Kristianus Liem.

Sementara untuk kategori duel meet antara WGM Ticia Gara (2340)(Hungaria) versus WGM Medina Warda Aulia (2323), Kristianus menilai kedua pecatur sama kuat. Apalagi elo rating kedua pecatur ini tak berbeda jauh.

“Justru keuntungan ada di Ticia Gara. Sebagai pecatur tamu, Ticia mendapat banyak keuntungan. Mengapa? Ticia tak perlu tegang. Sementara sebagai pecatur tuan rumah, Medina akan mendapat tekanan karena harus bertanding di depan pendukungnya,” ulas Kris menambahkan.

kinoy jackson