Diposisikan di Wilayah Abu-abu

Alumni Pemuda Pelopor Sampaikan Keprihatinan Terhadap Kemenpora

Minggu, 20 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Silaturahmi Nasional (Silatnas) Forum Alumni Pemuda Pelopor yang berakhir di Jakarta, Minggu, menyampaikan keprihatinan terhadap Kementerian Pemuda dan Olahraga yang tidak melibatkan mereka dalam merumuskan strategi kebijakan pembangunan kepemudaaan.

“Dalam konteks UU no 40/2009 tentang kepemudaan, Forum Alumni Pemuda Pelopor di posisikan di wilayah abu-abu sehingga tidak terakomodasi dalam pembinaan di Kemenpora,” kata Ketua Harian Forum Pemuda Pelopor, Hariyanto.

Karena tidak dilibatkan, terjadi penurunan kualitas pemuda pelopor karena terabaikannya aspek utama dari kepeloporan itu sendiri, yaitu kemampuan dalam membangun kesejahteraan melalui partisipasi penuh masyarakat dalam bidang-bidang yang ditekuni, sehingga tidak ada perbedaan antara pemuda pelopor dan wira usaha.

Berkaitan dengan hal tersebut, mereka mendesak kepada Kemenpora agar segera organisasinya menjadi bagian internal dari kebijakan pembangunan kepeloporan pemuda.

“Mengingat bahwa permasalahan pemuda semakin kompleks, Forum Alumni Pemuda Pelopor mengimbau kepada pemerintah baru nanti agar menteri pemuda dan olahraga berasal dari profesional yang memahami kebijakan dasar pembangunan kepemudaan,” tambahnya.

Forum Pemuda Pelopor saat ini dipimpin oleh Ketua Umum Rita Widyasari yang tidak lain adalah Bupati Kutai Kartanegara.

kinoy jackson