PDIP Percayakan Jokowi Bentuk Kabinet Kerja

Selasa, 15 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Politisi senior PDI Perjuangan, AP Batubara menegaskan, jika Jokowi terpilih sebagai presiden, kabinet yang dibentuknya adalah kabinet kerja, bukan pelangi, gabungan dari beberapa parpol.

“Kalau Jokowi terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2014, pembentukkan kabinet diserahkan sepenuhnya kepada dia. Kabinet nanti adalah Kabinet Kerja yang tak boleh diganggu-ganggu,” kata AP Batubara, Selasa, di kantornya di Menara Jamsostek, Jakarta Selatan.

Untuk membentuk kabinetnya, PDI Perjuangan tak akan bagi-bagi kursi kepada parpol yang ikut mengusung Jokowi jadi capres.

“Jika Jokowi ‘melihat” ada sosok yang cocok dijadikan menteri, dia dipersilakan memasukkannya ke kabinet. Sekalipun sosok bersangkutan berasal dari parpol yang tak mengusung Jokowi sebagai capres,” imbuhnya.

Menurut AP, untuk mengajak sosok bersangkutan, Jokowi tak perlu minta ijin kepada parpol bersangkutan.

“Kalau yang bersangkutan tak mau atau tak diijinkan parpolnya, Jokowi bisa mengajak sosok lain yang dianggapnya layak masuk kabinet,” tandasnya.

Dengan cara seperti ini, AP meyakini angka korupsi di kabinet bisa ditekan seminimal mungkin.

“Salah satu agenda utama kabinet Jokowi adalah pemberantasan korupsi di segala bidang,” ujarnya.

Anggota Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan ini mengusulkan agat kabinet mendatang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Bila ada dua kementerian yang bisa disatukan, misalnya Kemendagri digabung dengan Kementerian Transmigrasi. Dua kementerian itu bisa ditangani satu kementerian saja.”

Khusus untuk buruh yang jumlahnya sangat banyak, perlu dibentuk Menteri Perburuhan.

kinoy jackson