Pilpres 2014 Bisa Diikuti 4 Pasangan Capres-Cawapres

Jumat, 11 April 2014

DEKANDIDAT.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI), memperkirakan Pilpres 2014 tak tertutup kemungkinan bakal diikuti oleh 4 pasangan capres-cawapres.

“Kalau sebelumnya kita sempat memperkirakan hanya akan ada 3 pasangan yang bakal meramaikan Pilpres 2014. Kini dengan perolehan suara yang ketat di papan tengah dan bawah, maka ada kemungkinan 4 capres bakal bertarung di Pilpres 2014,” demikian dikatakan peneliti senior LSI, Aji Alfaraby, saat melansir hasil survei terkini LSI yang diberi tajuk ‘Perolehan Kursi Partai dan Peta Koalisi Capres 2014′, Jumat, di kantor LSI, di Gedung Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur.

Menurut survei LSI, jika Pilpres 2014 hanya diikuti oleh 3 pasangan, maka ada tiga skenario.

Skenario pertama adalah Koalisi PDI Perjuangan, Koalisi Partai Golkar, dan Koalisi Partai Gerindra.

Skenario kedua adalah Koalisi PDIP, Koalisi Golkar, dan Koalisi Partai Islam.

“Sementara skenario ketiga adalah Koalisi PDIP, Koalisi Golkar, dan Koalisi Demokrat,” imbuhnya.

Sedangkan jika Pilpres 2014 diikuti oleh 4 pasangan, maka skenarionya adalah, Koalisi PDIP, Koalisi Golkar, Koalisi Gerindra, dan Koalisi Partai Islam.

Dengan kondisi parpol yang saling membutuhkan, LSI berani mamastikan kalau koalisi yang nantinya dibangun tak akan berpatokan pada ideologi partai.

“Sepertinya unsur kepentingan yang akan membuat masing-masing parpol berkoalisi.”

Untuk saat ini, LSI baru melihat PDIP dan NasDem yang siap berkoalisi menyusul pertemuan intensif yang telah dilakukan oleh kedua pimpinan parpol sebelum Pileg 2014 digelar.

kinoy jackson