Hormati Hari Raya Nyepi, KPU Liburkan Kampanye Nasional

Senin, 31 Maret 2014

DEKANDIDAT.COM – Untuk menghormati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936, KPU meliburkan seluruh kegiatan kampanye rapat umum terbuka, Senin.

“Hari ini (Senin), semua kegiatan kampanye nasional diliburkan untuk menghormati Hari Raya umat Hindu,” kata Komisioner Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Senin,  di Jakarta.

Awalnya, pemberlakuan libur kampanye pada Hari Raya Nyepi bagi Provinsi Bali yang mayoritas penduduknya menjalankan rangkaian tradisi keagamaan.
Namun untuk menghormati seluruh penduduk Indonesia yang beragama Hindu, maka parpol dan KPU menyepakati kampanye nasional ditiadakan pada Senin.

Khusus di Bali, kegiatan politik dan kampanye sudah diliburkan sejak Jumat (28/3), karena adanya rangkaian kegiatan dimulai tiga hari sebelum perayaan Nyepi.

Berdasarkan jadwal kampanye yang sudah disusun, selama 28 Maret hingga 1 April itu hanya ada satu kali jadwal kampanye oleh beberapa parpol di Bali.

Selama rangkaian upacara keagamaan tersebut, KPU bersama tokoh adat dan Pemprov Bali sepakat tidak boleh ada kegiatan politik mewarnai kekhusyukan umat Hindu di Bali.

“Tanggal 28-29 Maret merupakan rangkaian upacara melasti. Kemudian tanggal 30 Maret adalah upacara pengerupukan atau pawai ogoh-ogoh, yang sudah diizinkan Parisada (Hindu Dharma Indonesia) untuk tidak mencampuradukkan upacara keagamaan dengan kegiatan kampanye,” tambahnya.

kinoy jackson