Kaum Muda Diharapkan Bisa Pelajari Pancasila Lebih Luwes

Rabu, 19 Februari 2014

DEKANDIDAT.COM – Mantan Dubes AS, Dino Patti Djalal, yang merupakan salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, menginginkan Pancasila bisa diajarkan secara luwes dan praktis di kalangan anak muda masa kini.

“Zaman saya, Pancasila itu kaku, tapi bagaimana caranya sekarang di era banyaknya saluran televisi, bacaan seperti Harry Potter, Pancasila itu bisa diterapkan dengan taktis praktis dan luwes. Mungkin bisa lewat lomba menulis,” kata Dino, Rabu, di Denpasar.

“Anak muda harus melihat Pancasila sebagai roh dari Indonesia. Kalau zamannya saya sudah tetap, saklek, tapi zaman sekarang susah membuat Pancasila sebagai filosofi yang tidak bisa diganti lagi,” ujar Dino Pati Djalal.

Sementara itu Raja Ida Tjokorda yang hadir pada kesempatan tersebut  mengeluhkan betapa kini Pancasila seperti kalah oleh demokrasi. Padahal dengan Pancasila, masyarakat Indonesia justru bisa mencapai demokrasi.

“Dengan Pancasila kita bisa berdemokrasi, kita masih bisa seimbangkan kepentingan dunia yang bermanfaat, dan kita sudah sepakat akan hal tersebut,” katanya.

kinoy jackson