PKS, NasDem, PBB, dan PKPI Terancam Tak Lolos PT

Minggu, 2 Februari 2014

DEKANDIDAT.COM – Temuan mengejutkan dilansir Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Berdasarkan hasil survei terkininya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kini tengah dililit kasus suap impor daging sapi, diprediksikan terancam tak lolos ambang batas Parlemen sebesar 3,5 persen bersama tiga partai lainnya.

PKS yang sebelumnya dikenal sebagai partai Islam terbesar di Tanah Air, menurut survei LSI, hanya akan meraih PKS hanya 2,2 persen. Ketiga partai lain yang terancam tak lolos Parliamentary Thershold (PT) adalah Nasdem (2 persen), PBB (0,7 persen), dan PKPI (0,5 persen).

Namun, menurut peneliti LSI Adjie Alfaraby, jika suara pemilih yang belum menentukan pilihan dibagi secara proporsional ke 12 partai politik, maka hasilnya keempat partai tersebut juga tetap tidak lolos ke Parlemen. PKS hanya akan mendapatkan 3,15 persen, Nasdem 2,86 persen, PBB 1 persen, dan PKPI 0,72 persen.

“Jika bekerja keras, PKS dan Nasdem kemungkinan besar bisa melawati ambang batas Parlemen. PKS dinilai sebagai partai yang memiliki soliditas organisasi dan militansi kader yang kuat. Adapun Nasdem ditopang oleh pendanaan dan akses media yang besar,” tambah Adjie.

“Meskipun waktu penyelenggaraan Pileg tinggal kurang lebih menyisakan dua bulan lagi, tapi masih ada harapan,” ujarnya.

Khusus untuk PBB dan PKPI, menurut Adjie, sangat berat untuk lolos ke Parlemen periode 2014-2019. Selain perolehan suara yang masih jauh dari ambang batas, kedua partai ini dinilai tidak mempunyai modal yang cukup untuk menaikkan suara dalam waktu singkat.

Survei LSI ini dilakukan pada 6 Januari hingga 16 Januari 2014 dengan jumlah responden 1200 orang. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Tingkat kesalahan surveinya lebih kurang 2,9 persen. Selain itu, masih banyak pemilih yang belum menentukan pilihan, yakni mencapai 30,1 persen.

kinoy jackson