Sri Sultan: Museum Sandi Bermanfaat untuk Dunia Pendidikan

Kamis, 30 Januari 2014

DEKANDIDAT.COM – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai, Museum Sandi memiliki fungsi strategis untuk mengenalkan pengetahuan persandian pada masyarakat.

“Selain bagi dunia persandian, Museum Sandi juga berguna untuk dunia pendidikan. Mengingat selama ini masyarakat belum mengenal tentang persandian,” kata Sultan HB X, di Yogyakarta.

Berbicara saat meresmikan Museum Sandi, Sultan menjelaskan, ketika perang kemerdekaan, peralatan sandi baru sebatas penggunaan sistem kode yang dirancang secara mandiri oleh Roebiono Kertopati.

Namun ketika itu, sistem persandian diciptakan melalui bacaan dan imajinasi, logika dan intuisi. Meskipun tanpa ilmu dan teknis kritografi yang memadai, dan hanya dibantu sumber daya manusia yang juga awam sandi, sistem-sistem sandi buatan sendiri itu terbukti efektif dan dapat diandalkan karena sulit dibaca musuh.

“Ini menjadi bukti bahwa sandi bisa untuk mengamankan komunikasi berita di medan peperangan, dalam perundingan antara pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Belanda dan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), komunikasi pemberitaan di perbatasan serta dengan gerilyawan di daerah-daerah pedalaman,” tambahnya.

kinoy jackson