PPP Setuju Saksi Pemilu Didanai Negara

Selasa, 28 Januari 2014

DEKANDIDAT.COM – Ketika partai pendatang baru, Partai NasDem dan partai oposisi, PDI Perjuangan menolak dana saksi Pemilu 2014 dari negara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan partai koalisi pemerintah secara tegas menyambut baik hal tersebut.

“Dana saksi pemilu seharusnya memang dibiayai oleh negara dan tidak diserahkan kepada partai politik,” kata Wakil Ketua Umum PPP, Lukman Hakim Saifuddin, di Jakarta.

Saksi dari partai politik pada pemilu merupakan bentuk dari kedaulatan rakyat dalam mewujudkan demokrasi melalui pemilu.

“Jadi, dana saksi partai politik ini seharusnya disediakan oleh negara dan bukan menjadi beban partai poliitik,” tegasnya.

Ditambahkan, negara harus bertanggung jawab terhadap pengamanan suara rakyat mulai dari tempat pemungutan suara (TPS), ke tingkat kecamatan, tingkat kebupatan dan kota, hingga tingkat nasional, jangan sam pai terjadi penyimpangan.

“Perlu ada saksi yang independen dan netral untuk mengawal suara rakyat. Dana saksi itu juga hendaknya tidak diberikan kepada partai politik,” ujarnya menyarankan.

Lukman menilai, mekanisme menyaluran dana saksi dari pemerintah melalui Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu dan kemudian langsung kepada saksi, sudah tepat.

kinoy jackson