Dana Saksi Tak Diambil, Bawaslu akan Kembalikan ke Kas Negara

Selasa, 28 Januari 2014

DEKANDIDAT.COM – Gonjang-gonjang soal dana saksi Pemilu 2014, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berencana mengembalikan dana tersebut ke kas negara jika partai-partai politik tak juga mengambilnya.

“Kami akan menggunakan saksi yang mendapat surat delegasi partai politik. Tapi kalau sampai hari H pemungutan suara, nama saksi tidak muncul, ya tidak diberikan honornya. Nanti dikembalikan ke negara,” tegas Ketua Bawaslu, Muhammad, di Jakarta.

Dia menjelaskan, mekanisme pembayaran honorarium saksi parpol akan diatur dalam peraturan presiden. Perpres pengucuran dana negara untuk saksi parpol, juga bakal dipisah dengan Perpres Dana dan Honor untuk Mitra Pengawas Pemilu Lapangan.

Dijabarkan, sebenarnya Bawaslu tak pernah mengusulkan adanya anggaran dana untuk saksi parpol. Namun, usulan itu justru pertama kali datang dari pemerintah setelah mendapat masukan dari partai politik.

Seperti diberitakan, pemerintah menyetujui menggelontorkan dana Rp 1,5 triliun dengan rincian Rp 800 miliar untuk bimbingan teknis dan honor Mitra PPL, dan Rp 700 miliar untuk honor saksi 12 partai Pemilu 2014 di seluruh TPS di Indonesia.

kinoy jackson