Jelang Pemilu, PPATK Temukan Transaksi Mencurigakan Parpol

Senin, 27 Januari 2014

DEKANDIDAT.COM – Menjelang digelarnya Pemilu 2014, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan peningkatan transaksi mencurigakan di partai politik yang mencapai sekitar 20-25 persen. Hal demikian dikatakan Kepala PPATK,  M Yusuf.

“Kami masih mengkaji, yang jelas tren transaksi mencurigakan meningkat satu tahun sebelum tahun ‘H’, pada saat tahun ‘H’ dan satu tahun setelah itu meningkat,” ujar M Yusuf, Senin, di Gedung DPR, Jakarta.

“Saya tidak bisa berbicara rinci karena kami masih mengkaji dan kami takut kalau nanti bocor tidak bisa ditindak lanjuti,” ujarnya.

“Transaksi mencurigakan bisa dilihat dari transaksi yang dilakukan profil seorang, misalnya seorang berpenghasilan Rp10 juta, namun melakukan transaksi sebesar Rp500 juta,” .

Dijelaskan, indikasi transaksi mencurigakan itu misalnya seorang biasanya menggunakan rupiah namun menjadi dolar atau melakukan transaksi satu bulan sekali, namun menjadi tiap pekan.

“Misalnya, biasa menggunakan rupiah menjadi dolar, itu kan menyimpang atau transaksi sebulan sekali sekarang bisa setiap pekan,” ucapnya.

kinoy jackson