Muhammadiyah Minta KPU Tuntaskan DPT Bermasalah

Rabu, 15 Januari 2014

JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berharap penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa segera dituntaskan demi kualitas dan kelancaran pesta demokrasi itu.

“Sampai saat ini masih ada sekitar 20 persen pemilih bermasalah, entah itu ganda atau lainnya. Ini jangan sampai seorang pun warga negara kehilangan hak konstitusionalnya karena setiap suara menentukan masa depan bangsa,” kata Ketua PP Muhammadiyah,  Din Syamsuddin, Rabu, di Jakarta.

“Kalau DPT tidak selesai, khawatirnya merambat ke masalah logistik yang bisa mengganggu kelancaran dan kualitas Pemilu. Sebaiknya segera, selagi masih ada waktu,” tegasnya.

Din juga berpesan agar masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak politiknya secara cerdas, bermartabat, menjunjung tinggi kejujuran dan kebersamaan serta terus mengawasi wakil rakyat yang dipilihnya menjalankan amanat dengan baik.

Ia juga mengimbau agar rakyat tidak terkecoh oleh permainan politik yang menjual citra dan janji politik murahan. Selain itu, Din juga meminta masyarakat tidak terprovokasi usaha penggagalan penyelenggaraan Pemilu dan hasilnya.

“Karena kegagalan Pemilu 2014 merupakan tragedi kenegaraan yang membawa Indonesia kepada kemunduran dan ketidakpastian,” ujarnya.

kinoy jackson