Disomasi, Parpol-Caleg Pasang Foto Gus Dur Tanpa Izin

Kamis, 26 Desember 2013

SURABAYA – Keluarga mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mengancam akan mensomasi parpol atau caleg yang memasang atribut atau baliho bergambar Gus Dur tanpa seizin keluarga.

“Kami akan melakukan somasi kepada partai politik yang menggunakan foto Gus Dur, atau apapun yang berbau Gus Dur,” kata Istri almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Hj Sinta Nuriyah Wahid, Kamis, di Surabaya.

Menurutnya, lngkah hukum tersebut dilakukan karena memang ada surat yang ditandatangani pengacara keluarga yang isinya melarang memakai gambar atau apapun namanya yang berbau Gus Dur.

“Kami menerima banyak aduan dan laporan dari sejumlah pihak karena banyaknya baliho atau alat peraga kampanye yang menggunakan nama maupun gambar Gus Dur.”

“Jadi sekali lagi, bagi siapa saja yang menggunakan nama, foto atau apapun yang berbau Gus Dur maka harus disomasi,” kata Hj Sinta Nuriyah.

“Sebelum Gus Dur wafat, beliau  juga sempat menuliskan surat wasiat tentang pelarangan pemakaian atribut bergambar Gus Dur.”

“Kalau tidak percaya dan ingin bukti, silakan tanya ke pengacara keluarga Gus Dur,” kata dia.

Di Surabaya beredar baliho milik Sekretaris Jenderal DPP PKB, Imam Nahrawi yang menyertakan gambar sekaligus nama Gus Dur.

kinoy jackson