Survei Terkini Pol-Tracking Institute

PDIP Diprediksikan Menangkan Pemilu 2014

Kamis, 19 Desember 2013

JAKARTA – Kalau Pemilu diadakan saat ini, PDI Perjuangan dipastikan bakal tampil sebagai pemenang. Berdasarkan survei terkini yang dilansir Pol-Tracking Institute, Partai Moncong Putih berada di posisi teratas dengan 18.50 persen suara. Partai Golkar berada di urutan kedua dengan raihan 16.90 persen suara.

“Perolehan PDIP dan Golkar ini unggul jauh dari partai lainnya. Partai lain tidak ada yang mendapatkan angka diatas 10 persen,” kata Peneliti Pol-Tracking Aria Budi memaparkan temuan surveinya.

Posisi ketiga ditempati Partai Demokrat dengan presentase 8,80 persen. Menyusul di posisi berikutnya Partai Gerindra (6,60 persen), PKB berada (4,60), Partai Hanura (3.50 persen), PPP (3.40 persen), PKS (2,9 persen), Nasdem (2,10 persen), PAN 2.00 persen), PBB (0.70 persen), dan PKPI (0,10 persen).

Menurut Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yudha AR mengatakan, dengan pemilu legislatif yang pelaksanaannya kurang dari satu semester, posisi PDIP dan Golkar sudah sangat sulit untuk dikejar.

“Hanya tsunami politik dahsat yang bisa membuat suara PDIP dan Golkar ini jatuh,” kata Hanta.

Menyoal angka golput, lembaga survei yang satu ini menyatakan, sebanyak 21 persen pemilih menyatakan tidak berminat berpartisipasi dalam Pemilu Legislatif 2014 nanti.

“Terkait partisipasi masyarakat di Pemilu Legislatif 2014 ini, ada potensi golput yang cukup besar, bisa kita lihat, mencapai 21 persen,” tambah Aria Budi.

Sebanyak 79 persen sisanya menyatakan berminat untuk memilih. Namun, menurut Aria, angka 79 persen itu tidak bisa menjadi patokan. Pasalnya, mereka yang menyatakan berminat, pada kenyataannya belum tentu benar-benar akan menggunakan hak pilihnya.

“Pada kenyataannya, dari 79 persen ini ada juga yang berminat, tapi hanya sekadar datang saja ke TPS merayakan pergelaran lima tahun sekali, tapi tidak memilih,” ujarnya.

Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Jumlah sampel adalah 2.010 warga di seluruh provinsi di Indonesia yang telah berusia 17 tahun dan bukan anggota TNI/Polri.

Survei dilakukan dengan margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan pada rentang waktu 13 September 2013 hingga 11 Oktober 2013.

kinoy jackson