Pecatur Mahasiswa Diharapkan Mampu Raih Gelar Grand Master

Rabu, 4 Desember 2013

JAKARTA – Begitu banyaknya potensi pecatur muda, membuat  Dirjen Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, mengharapkan Indonesia mampu melahirkan pecatur bergelar Grand Master (GM) dari kalangan mahasiswa.

“Saya berharap, ke depan Indonesia bisa melahirkan grandmaster dari kalangan mahasiswa,” kata Dirjen Dikti, Prof DR Ir Djoko Santoso yang mewakili Mendikbud saat pembukaan Kejurnas Catur Mahasiswa VI di Jakarta, Rabu.

Kejurnas Catur Mahasiswa 2013 ke-6 ini diikuti 250 mahasiswa dari 56 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan akan berlangsung di gedung Dikti Senayan, 4 – 8 Desember 2013.

Lebih lanjut Joko mengatakan, pihaknya merasa senang bisa bekerjasama dengan PB Percasi dalam pembinaan olahraga catur di kalangan mahasiswa.

“Kami komit akan terus mendukung berlangsungnya Kejurnas catur mahasiswa seperti ini setiap tahunnya,” tambah Joko.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengatakan bahwa Kejurnas catur mahasiswa ini adalah sebagai jenjang bagi mahasiswa untuk bisa ikut bertanding pada kejuaraan catur mahasiswa tingkat dunia yaitu Universiade.

“Selain Pomnas, kejurnas mahasiswa ini merupakan jenjang bagi para mahasiswa untuk bisa ikut terjun di level internasional seperti Universiade,” kata Utut Adianto.

kinoy jackson