GM Stefanova Kandaskan Perlawanan Irene-Medina

Rabu, 4 Desember 2013

BEKASI – Kendati dikeroyok dua pecatur putri terbaik Indonesia, GM Antoaneta Stefanova dari Bulgaria tampil sebagai pemenang pada dwi tarung bertajuk ‘Chessku.com Women Chess Match’ yang berlangsung 2-3 Desember, di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Jabar.

Di hari pertama, pecatur cantik yang merupakan juara dunia nomor rapid chess tersebut mengalahkan GMW Medina Warda Aulia dengan skor 5-1, sementara di hari kedua, giliran GMW Irene Kharisma Sukandar yang ditumbangkan 4-2.

Dengan kemenangannya ini, Stefanova  berhak atas hadiah sebesar 2.000 dolar AS, sedangkan Irene dan Medina masing-masing mendapatkan 1.000 dolas AS.

“Hasil akhir memang tidak begitu bagus. Tapi dengan mengalahkan dia di nomor rapid, tentu menjadi modal bagus bagi saya untuk tampil di SEA Games. Mudah-mudahan bisa menjadi cerminan bahwa saya benar-benar harus belajar lagi,” kata Irene.

Sedangkan Stefanova mengaku penampilannya pada laga hari kedua memang tidak maksimal. Hal tersebut karena dirinya merasa kelelahan, sehingga agak sulit berkonsentrasi.

“Saya memang tidak bermain bagus hari ini. Pertahanan serta pola serangan yang buruk, akibat terlalu lelah,” keluh Stefanova.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PB Percasi, Eka Putra Wijaya, menyambut gembira hasil duel yang dilakukan selama dua hari. Ia pun menyoroti pertarungan antara Irene dan Stefanova yang menurutnya berlangsung menarik. Hal tersebut karena Irene bisa memberi perlawanan dan bahkan memenangkan pertandingan, meski lawan memiliki jam terbang jauh lebih bagus.

“Kembali bicara pengalaman dan jam terbang. Tapi dalam lima tahun ke depan, yakin Irene akan mampu berada di level Stefanova,” kata Eka.

kinoy jackson