KPU Disarankan Segera Menyampaikan Lampiran Perbaikan DPT

Selasa, 3 Desember 2013

JAKARTA -  Untuk menunjukkan secara rinci kinerjanya selama sebulan terakhir, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan lampiran data hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap per kelurahan-desa.

“Rincian ini juga untuk melihat sejauh mana validitas hasil perbaikan ketika diperlukan untuk disandingkan dengan data punya Kemendagri ataupun temuan pengawasan dari Bawaslu,” kata Deputi Koordinator JPPR, Masykuruddin Hafidz di Jakarta, Selasa.

“Rincian itu juga untuk menunjukkan meskipun hasil perbaikannya belum mencapai 100 persen, setidaknya KPU telah bekerja maksimal dalam menemukan data untuk memenuhi lima elemen pendataan pemilih.”

Menurutnya, apabila terdapat kesulitan yang dihadapi KPU hendaknya disampaikan letak kesulitannya termasuk permasalahan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

“Penyampaian secara rinci ini penting, karena selain akan lebih baik untuk disandingkan dengan data yang lain (misalnya Kemendagri dan Bawaslu) juga untuk memenuhi kewajiban dari hasil pertemuan dengan Presiden dan lembaga tinggi negara,” tegasnya.

KPU akan mengumumkan hasil perbaikan terhadap 10,4 juta data pemilih yang bermasalah karena belum ada Nomor Induk Kependudukaan (NIK) pada Rabu, 4 Desember 2013.

KPU dan Kementerian Dalam Negeri mampu mendapati 6,5 juta NIK namun KPU kewalahan melengkapi NIK untuk 3,9 juta data sisanya.

kinoy jackson