Kader Demokrat, Golkar, dan Gerindra, Dukung Jokowi Nyapres

Minggu, 1 Desember 2013

JAKARTA – Kendati beberapa hari terakhir ini Joko Widodo (Jokowi) terus dihujat oleh kalangan buruh, namun elektabilitasnya makin menggila. Terbukti bukan hanya anak buah Megawati yang menaruh simpati padanya. Namun kader dari Partai Demokrat, Gerindra, dan Partai Golkar, sangat setuju kalau Jokowi maju sebagai capres pada Pilpres 2014.

“Survei CSIS menemukan bahwa tingkat dukungan terhadap Jokowi semakin terkonsolidasi bukan hanya pemilih PDIP tetapi juga dari pemilih partai lain,” kata Peneliti CSIS, Philips J Vermonter, Minggu, di Jakarta.

Berdasarkan survei CSIS yang dilakukan di 33 provinsi pada tanggal 13-20 November 2013, diketahui bahwa kader dari Partai Demokrat, Golkar, dan Gerindra, banyak yang setuju Jokowi nyapres.

Hasil survei memperlihatkan pemilih Jokowi terbesar datang dari pemilih PDIP sebanyak 63,6 persen, disusul Demokrat (42,7 persen), Golkar (22,7 persen), dan Gerindra (20,6 persen).

“Padahal, Gerindra telah mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres, sedangkan Golkar telah sepakat mengusung Aburizal Bakrie. Sementara Demokrat masih menggelar konvensi yang diikuti 11 peserta,” tambahnya.

“Khusus Golkar, separuh memilih Ical, separuhnya memilih Jokowi. Efek Jokowi lintas partai,” ujarnya.

Philips mengatakan adanya pemilih Gerindra yang menyeberang memilih Jokowi bukan terkait loyalitas partai. Namun fenomena Jokowi yang terlalu kuat di masyarakat.

Sedangkan Demokrat belum ada calon yang kuat untuk diusung setelah era Susilo Bambang Yudhoyono.

kinoy jackson