Pengusaha Ricky Sutanto Punya Jurus Jitu Redam Demo Buruh

Jumat, 29 November 2013

JAKARTA – Pengusaha kondang Ricky Sutanto ternyata punya resep jitu untuk meredam aksi demo buruh. Caranya adalah, keterbukaan keuangan perusahaan.

“Biasanya demo buruh terjadi berulang, karena mereka merasa tuntutannya tak dipenuhi perusahaan. Namun kalau ada keterbukaan soal keuangan perusahaan, buruh akan mengerti dan tak akan berdemo lagi,” tegas Ricky Sutanto, Jumat, saat menyambangi kantor DeKandidaT.com, di Jl Rasuna Said, Jakarta.

Kata Ricky, selama ini pihak perusahaan selalu tertutup soal keuangan perusahaan.

“Mereka selalu mengaku rugi kepada buruhnya. Padahal belum tentu mereka rugi. Kondisi seperti ini lah yang membuat buruh bergerak terus,” tandas pemilik kelompok usaha Blossom Group yang bergerak dibidang kontraktor, property dan consumer product.

“Selama ini para pengusaha selalu berteriak-teriak bahwa buruh adalah bagian dari perusahaan, sehingga harus benar-benar diperhatikan kesejahteraannya. Tapi pada kenyataannya, pengeluaran keuangan untuk buruh, sangat kecil. Apakah ini yang dinamakan perusahaan memperhatikan nasib buruhnya?” kata Ricky balik bertanya.

Melihat kondisi buruh yang selalu menjadi korban dari pihak perusahaan, dia menyarankan agar buruh juga memiliki auditor yang hebat, sehingga tak gampang dibodohi oleh pengusaha tempatnya bekerja.

Dia menambahkan, dibandingkan jumlah petani yang ada di negara ini, maka jumlah buruh adalah yang terbanyak. “Buruh di Indonesia jumlahnya 114 juta orang. Lebih banyak dari petani. Karenanya, nasib mereka harus betul-betul diperhatikan,” pintanya.