Terus Mnuai Kontroversi

Akhirnya Kerjasama KPU-Lemsaneg Dibatalkan

Kamis, 28 November 2013

JAKARTA – Setelah menuai kontroversi berkepanjangan, kerjasama KPU dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) terkait pengamanan data Pemilu 2014, akhirnya dibatalkan.

“KPU dan Lemsaneg menyepakati klausul-klausul kesepakatan kami mengenai penghentian kesepahaman yaitu para pihak sepaham dan memutuskan dan tidak melanjutkan atau menghentikan nota kesepahaman KPU dan Lemsaneg,” tegas  Ketua KPU Husni Kamil Manik, Kamis, di Kantor KPU, Jakarta, didampingi  Ketua Lemsaneg, Mayjen Djoko Setiadi.

“Pembatalan ini bertujuan menghentikan pro dan kontra kerja sama ini,” katanya.

Ditambahkan, pascapenandatanganan kesepahaman KPU dan Lemsaneg, ada pihak yang mempertanyakan kerja sama tersebut.

“Padahal niatnya adalah meningkatkan kualitas pemilu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.”

“Awalnya, kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas pemilu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Kerja sama itu sedianya terkait pengamanan data pemilu yang terkait lima aspek. Pertama, penyediaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam pengamanan sistem dan jaringan teknologi informasi dalam penyelenggaran pemilu tahun 2014. Kedua, penyediaan perangkat dan sistem pengamanan data dan informasi dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2014.

Ketiga, pengamanan dokumen elektronik dan distribusinya dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2014. Keempat, pengamanan data center dan perangkat yang digunakan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2014. Kelima, pengamanan data elektronik dan komunikasi pimpinan KPU.

kinoy