15 Tahun Reformasi, Indonesia Masih Seperti Dulu

Kamis, 28 November 2013

JAKARTA – Reformasi di negeri ini sudah berlangsung 15 tahun. Namun menurut  mantan Wapres Try Sutrisno, belum banyak perubahan signifikan yang terjadi di Indonesia.

“Seperti penyelenggaraan sistem ketatanegaraan dan sistem pemerintahan juga menjadi rancu, dalam artian bukan parlementer tetapi juga bukan presidensial,” ujar Try Sutrisno, Kamis, di Jakarta.

“Selain itu, nilai-nilai kekeluargaan dan musyawarah mufakat juga telah bergeser dan berubah menjadi liberalistik dan individualistik. Hal itu telah menimbulkan berbagai kerancuan dalam berbagai bidang kehidupan. Baik ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya serta Hankam,” tuturnya.

Diakuinya ada beberapa keberhasilan, Namun juga masih banyak kekurangan dan ketidakberhasilan. “kalau hal ini tidak bisa diatasi, akan berakibat terjadinya hal-hal yang semakin tidak kondusif.”

“Oleh karena itu, perkembangan itu menginspirasi para purnawirawan TNI dan Polri serta organisasi-organisasi kejuangan dan mitra sepaham, berkumpul dalam suatu forum bersama untuk mencari solusi yang bijak dan konstitusional,” tegasnya.

kinoy jackson