Pekan Ini, KPU Umumkan Kepastian Kerjasama Dengan Lemsaneg

Rabu, 27 November 2013

JAKARTA – Setelah memunculkan polemik berkepanjangan, kerjasana KPU dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) terkait pengamanan data Pemilu 2014, pekan ini.

“Kepastian kerjasama KPU-Lemsaneg akan kami umumkan segera minggu ini,” ujar Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Rabu, di Jakarta.

“Kami akan memutuskan kelanjutan MoU (memorandum of understanding). Apakah diputus atau dilanjutkan akan kami putuskan. Kami akan putuskan resminya nanti,” tegas Ferry.

DPR mendesak KPU segera memutus kerjasama dengan Lemsaneg menyusul pernyataan Kepala Lemsaneg yang sudah memberi sinyal siap mundur dari kerja sama itu.

“Lemsaneg kan sudah memberikan sinyal bahwa mereka tidak akan meneruskan kerja sama itu. Seharusnya, KPU segera memutuskan saja untuk mengakhiri kerja sama itu,” ujar Wakil Ketua Arif Wibowo.

“KPU tidak perlu mengulur terlalu lama pembahasan pemutusan kerja sama tersebut. Mestinya sejak Kepala Lemsaneg menyatakan siap mundur (dari kerja sama), itu tandanya ada semangat untuk mengakhiri kerja sama itu, tanpa perlu diulur,” tambahnya.

Sebelumnya, KPU dan Lemsaneg menjalin kerjasama dalam menangani data pemilu.