Periksa Boediono Diam-diam, KPK Diboikot Wartawan

Selasa, 26 November 2013

JAKARTA – Kecewa dengan langkah diam-diam KPK memeriksa Wapres Boediono terkait Kasus Century, ratusan wartawan melakukan aksi boikot terhadap pimpinan KPK yang sedianya menggelar jumpa pers, Senin.

Ketua KPK Abraham Samad, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Deputi Penindakan KPK Warih Sardono, yang sudah duduk di ruang jumpa pers terpaksa balik ke ruang kerjanya karena aksi pemboikotan tersebut.

Mulanya juru bicara KPK Johan Budi membuka acara jumpa pers kali ini. Namun, perwakilan wartawan meminta izin untuk menyampaikan aspirasinya.

“Baik teman-teman, nanti akan disampaikan penjelasan resmi berkaitan dengan proses yang dilakukan penyidik KPK, di Istana Wapres, Sabtu lalu,” kata Johan Budi.

Selanjutnya, seorang perwakilan wartawan dengan suara lantang menyampaikan aspirasi awak media.

Ia mengatakan, para wartawan sangat kecewa dengan sikap pimpinan KPK yang bersikap tertutup dan terbilang diam-diam saat penyidiknya memeriksa Boediono pada Sabtu (25/11).

“Kami menginginkan pimpinan KPK bersikap setara terhadap semua media dan dalam semua informasi,” ujarnya.

Menurutnya, jika pimpinan KPK sekadar ingin menjelaskan tentang pemeriksaan Boediono, itu sudah terlambat mengingat kejadian terjadi dua hari sebelumnya.

Seorang perwakilan wartawan lainnya menimpali, bahwa pihak KPK semakin tidak transparan dan tidak independen mendekati tahun politik 2014.

Setelah menyampaikan aspirasinya, satu per satu awak media meninggalkan ruang jumpa pers.

kinoy jackson