Media Asing Beritakan Kehebatan Jokowi

Senin, 25 November 2013

JAKARTA – Bila di dalam negeri nama Jokowi belakangan ini tengah disudutkan oleh Partai Demokrat, tak demikian halnya dengan di dunia internasional.  Media terkemuka Inggris, Financial Times (FT), Minggu (24/11), menyebut Jokowi sebagai calon “outsider” unggulan.

Dalam pemberitaan tersebut, Jokowi disebutkan, dengan reputasinya yang bersih, berorientasi pada hasil dan rendah hati, Jokowi secara spektakuler melesat dalam sejumlah survei calon presiden 2014.

Dari akumulasi empat survei, elektabilitas Jokowi memimpin dengan angka 27 persen, disusul Prabowo Subianto 16 persen dan Aburizal Bakrie 9 persen. Melesat bagaikan meteor, karir politisi berusia 52 ini diidentikkan dengan kisah yang sama dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

“Hanya dalam kurang dari dua tahun, Jokowi melambung dari walikota kota kecil bernama Solo menjadi politisi paling populer di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Obama sendiri membutuhkan tiga tahun tahun untuk menjadi presiden,” tulis FT.

FT juga menuliskan pandangan warga Jakarta terhadap pemimpinnya itu. “Hidup masih sulit, banjir masih sering terjadi, tempat ini kotor dan bau, namun saya senang melihat Jokowi. Semoga kehidupan lebih baik dengan beliau menjadi presiden,” tutur Jaja, warga Cakung, Jakarta Timur.

kinoy jackson