Mahfud Dipercaya Bisa Persatukan Parpol Islam

Minggu, 24 November 2013

JAKARTA – Dari sekian banyak tokoh alternatif, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, dianggap sebagai sosok yang dipercaya dapat mempersatukan partai-partai Islam pada Pemilu 2014. Hal tersebut berdasarkan survei terkini Lembaga Survei Nasional (LSN).

“Mahfud MD nampaknya menjadi satu-satunya tokoh yang ada dalam top of mind publik saat ditanya soal figur yang layak memimpin umat Islam,” kata peneliti LSN, Dipa Pradipta, Minggu, di Jakarta.

Dari 1.240 responden, sebanyak 16,4% memilih Mahfud di posisi pertama, posisi kedua ditempati Raja Dangdut, Rhoma Irama (9,6 persen), disusul Menteri Agama Suryadharma Ali (9,1 persen), dan Amien Rais (7,6 persen).

Dijelaskan, Mahfud paling banyak dipilih oleh publik karena dinilai berhasil saat memimpin MK. Selain itu, Mahfud juga dipilih karena dianggap sebagai sosok yang bisa diterima lintas aliran. Hasil riset terhadap media juga menunjukkan pemberitaan mengenai sosok Mahfud lebih dominan dibandingkan tokoh-tokoh islam lainnya.

Pemberitaan tersebut, lebih banyak bersifat positif dibanding negatif.

“Namun, publik tetap masih sulit menentukan siapa tokoh Islam yang potensial. Sebanyak 25,9 persen responden menjawab tidak tahu saat ditanya mengenai hal ini,” tambahnya.