Diprotes, Gita Copot Iklan di Bus, KA, dan Billboard

Rabu, 20 November 2013

JAKARTA – Karena terus diprotes, Mendag Gita Wirjawan, akhirnya mencopot semua atribut iklannya di semua moda transportasi.

“Sudah saya perintahkan untuk dicopot. Sudahlah. Sudah banyak persepsi orang bilang itu tidak etis,” kata Gita, Rabu, di Jakarta.

Menurut Gita, sebenarnya dia tidak pernah bermaksud memanfaatkan iklan itu untuk memopulerkan namanya sebagai peserta konvensi capres. Di dalam iklan itu, Gita mengatakan bahwa dirinya berperan sebagai menteri untuk menyosialisasikan gerakan”Cinta Produk Dalam Negeri”.

Iklan Gita yang dipersoalkan adalah yang dipasang di bus-bus Damri Bandara, layar besar di pinggir jalan, billboard, hingga di dalam kereta api. Berbagai hal dikampanyekan, salah satunya mengenai kebanggaan menggunakan produk dalam negeri.

Berdasarkan data dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), anggaran Kemendag untuk iklan tahun 2013 mencapai Rp 56,6 miliar. Sebesar Rp 55,4 miliar di antaranya untuk iklan layanan masyarakat. Adapun anggaran publikasi tahun 2012 mencapai Rp 83,6 miliar.

kinoy jackson